PENERAPAN METODE INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS V
Abstract
Abstrak: Penerapan Metode Inkuiri Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 04 Tokam Kecamatan Beduai. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses dengan menerapkan metode dalam pembelajaran IPA kelas V SDN 04 Tokam, dengan rumusan masalah umumnya, yaitu: Apakah penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan proses siswa kelas V SDN 04 Tokam?. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan penelitian secara kualitatif. Objek penelitian yaitu siswa kelas V SDN 04 Tokam Kecamatan Beduai yang berjumlah 19 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan belajar siswa dengan menerapkan metode inkuri dalam meningkatkan keterampilan proses siswa dalam pembelajaran IPA. Siklus I kesiklus II rata-rata 67,10% (kategori baik) untuk Siklus II rata-rata 88,15 % (kategori baik). Hasil belajar dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi baik rata-rata 68,26. Hasil observasi kinerja guru siklus I ke siklus II menjadi lebih baik rata-rata 3,6 ( kategori baik). Semula siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran menjadi lebih baik.
Kata Kunci: Metode Inkuiri, Peningkatan, Keterampilan Proses, Pembelajaran IPA
Abstract: Application of Inquiry Methods In Learning To Increase Natural Science Process Skills Fifth Grade Students Elementary School District 04 Tokam Beduai. This study aims to improve the process by applying skills in science teaching methods class V SDN 04 Tokam, the general formulation of the problem, namely: Does the application of the method of inquiry in science teaching can improve the skills of the fifth grade students of SDN 04 Tokam. This research uses descriptive method with qualitative research. The research object fifth grade students of SDN 04 Tokam District Beduai totaling 19 students. The results showed an increase in student learning by applying inkuri method in improving students' skills in science learning process. I kesiklus II cycle on average 67.10% (both categories) for Cycle II average of 88.15% (both categories). Learning outcomes from the first cycle to the second cycle increased to an average of 68.26 good. The observation of teacher performance cycle I to cycle II to better average of 3.6 (both categories). Initially students were less active in the learning to be better.
Keywords: Methods of Inquiry, Improvement, Process Skills, Learning Science
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i1.4378
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats