PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN 02 BEDUAI
Abstract
Kata Kunci: Hasil belajar, Keterampilan Proses, Pembelajaran IPA SD
Abstrak: Judul penelitian ini adalah Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV SDN 02 Beduai. Penelitian ini dilakukan karena perlu adanya rancangan strategi pembelajaran sebagai alternatif baru dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri No. 02 Beduai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian Tindakan Kelas bersifat penelitian kolaboratif. Hasil penelitian penilaian kinerja guru pada IPKG I siklus I dengan rata-rata 2,94, meningkat pada siklus II dengan rata-rata 3,74. IPKG II siklus I dengan rata-rata 3,07 meningkat pada siklus II dengan rata-rata 3,74. Peningkatan keterampilan proses siswa pada siklus I dengan perolehan rata-rata 47,36 dan siklus II dengan rata-rata 89,47. Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 50,79 meningkat pada siklus II dengan rata-rata 75,52. Hal ini berarti pembelajaran dengan menggunakan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran IPA kelas IV SDN 02 Beduai.
Keyword : Learning Outcomes, Proces of learning skills, Natural Sciences SD
Abstract: The title of this research is "Improving student learning outcomes approach in the process of learning the skills of Natural Sciences IV Class SDN 02 Beduai". This study was conducted because of the need for the design of new learning strategies as an alternative to the Natural Sciences learning using process skills approach to improving student learning outcomes in the classroom Primary School. IV. 02 Beduai. The method used is descriptive method of action research is a form of collaborative research. Results of research on teacher performance assessment IPKG I cycle I with an average of 2.94, an increase in cycle II with an average of 3.74. IPKG II first cycle with an average 3.07 increase in cycle II with an average of 3.74. Impact on increasing students' process skills acquisition in the first cycle with an average of 47.36 and a second cycle with an average of 89.47. Student learning outcomes in the first cycle an average of 50.79 increase in cycle II with an average of 75.52. This suggests that the use of process pf learning skills can improve learning outcomes two grade students of SDN 02 Beduai.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i1.4374
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats