PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KELAS V SDN 06 PEMODIS
Abstract
Abstrak: Peningkatan Aktivitas Pembelajaran IPA dengan menggunakan media gambar pada kelas V SDN 06 Pemodis Kecamatan Beduai Sanggau.Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang peningkatan aktivitas fisik mental, emosional siswa kelas V dengan menggunakan media gambar di SDN 06 Pemodis.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, sifat penelitian kualitatif, bentuk penelitian survei kelembagaan. Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus, hasil penelitian yang diperoleh aktivitas fisik siswa yaitu siklus I 42,5% meningkat pada siklus II 60% meningkat ke siklus III menjadi 87,5%.dari siklus I sampai siklus III meningkat sebesar 45% dengan kategori sangat tinggi. Aktivitas mental siswa yaitu persentase siklus I 40% meningkat ke siklus II 57,5% dan pada siklus III meningkat menjadi 77,5%.dari siklus I sampai siklus III meningkat sebesar 37,5% dengan kategori tinggi. Aktivitas emosional siswa yaitu persentase siklus I 62,5% meningkat ke siklus II menjadi 68,75% dan meningkat ke siklus III menjadi 87,5%.dari siklus I sampai siklus III meningkat sebesar 25% dengan kategori sangat tinggi.
KataKunci: Peningkatan Aktivitas, Media Gambar
Abstract: Increased Activity Learning IPA using the class V mediagambar SDN 06 Pemodis District Beduai Sanggau.Penelitian aims to obtain accurate information about the increase in physical activity, mental , emotional fifth grade students using media images in SDN 06 Pemodis.Metode research is descriptive method, the nature of qualitative research, survey research institutional forms. Based on the analysis of the data obtained the following results:
This research was conducted as much as 3 cycles, the results obtained by the students' physical activity first cycle increased 42.5% in the second cycle to cycle 60% increase to 87.5% III. Cycle I to cycle III increased by 45% with very category high. Mental activity is the percentage of first cycle students 40% increased to 57.5% the second cycle and the third cycle increased to 77.5%. Than the first cycle to cycle III increased by 37.5% to a high category. Emotional activity is the percentage of students first cycle increased to 62.5% to 68.75% the second cycle and third cycle be increased to 87.5%. Cycle from cycle I to III increased by 25% with a very high category.
Keywords: Increased Activity, Media Images
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i1.4326
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats