EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan model pembelajaran reciprocal teaching dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan materi pembentukan harga pasar pada kelas VIII SMP N 5 Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 5 Kota Pontianak tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa, dengan rincian 30 siswa pada kelompok eksperimen dan 30 siswa pada kelompok Kontrol.. Hasil analisis data menunjukan efektifitas model pembelajaran reciprocal teachingpada pokok bahasan pembentukan harga pasar memberikan kontrobusi sebesar 17.72 %. dalam meningkatan motivasi belajar siswa dan memberikan kontribusi sebesar 21.23 % dalam meningkatan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Pembelajaran Reciprocal Teaching, Motivasi Belajar, Hasil Belajar mata pelajaran ekonomi
Abstract : The research aims to identify the effectiveness of Reciprocal teaching to improving students motivation and achievement in Economic subject for Market Price establishment materials in eight year of SMPN 05 Pontianak, Kalimantan Barat. Quasi experimental design applied in this research. The population of this research are all of the students in eight year of SMPN 05 Pontianak in academic year 2012/2013. The samples taken by using cluster random sampling consist of 60 students which devided into two groups, 30 students in experimental class and 30 students in control class. Based on the hypotheses analysis identify effectiveness of Reciprocal Teaching in Market Price Establishment material give contribution 17.72% in improving students motivation and 21.23 % in improving students achievement.
Keywords :reciprocal teaching, learning motivation, learning achievement in economics
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i1.4296
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats