PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR IPA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS 3 SDN 36 KUBU RAYA
Abstract
Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas 3 SDN 36 Kubu Raya sehingga perlu adanya inovasi dalam proses KBM di antaranya dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Pelaksanaan penelitian terdiri dari dua siklus, tiap siklus mencakup empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengambilan data menggunakan teknik observasi, pengukuran, dan dokumentasi. Alat pengambil datanya lembar observasi, angket, soal tes dan foto. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dimana keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pada siklus I sebesar 81,33% dan pada siklus II meningkat menjadi 94,67%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 78,0 dengan ketuntasan belajar sebesar 76%, dan pada siklus II rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 91,2 dengan ketuntasan belajar sebesar 92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Aktivitas Belajar, Pendekatan Kontekstual
Abstract: The problem in this study is the low activity of students in grade 3 science learning in SDN 36 Kubu Raya so the need for innovation in the learning process among them by using a contextual approach. This study is an action research with qualitative approach and descriptive methods. Implementation of the study consisted of two cycles, each cycle includes four stages: planning, implementation, observation and reflection. Retrieval of data using observation, measurement, and documentation. Tool makers observation data sheet , questionnaire, test questions and photos. The results showed an increase of activity in which students in the learning process in the first cycle of 81.33 % and the second cycle increased to 94.67%. While the average student learning outcomes in the first cycle of 78.0 with a passing grade of 76%, and the second cycle of learning outcomes on average increased to 91.2 with a passing grade of 92%. It can be concluded that the application of the contextual approach in the process of science learning can improve student learning activities.
Keywords: Learning Science , Learning Activities , Contextual Approach
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i1.4212
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats