PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PENALARAN ADAPTIF DALAM PEMBELAJARAN PENDEKATAN PROBING-PROMPTING

Natalis David, Edy Tandililing, Agung Hartoyo

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konseptual dan penalaran adaptif siswa dalam materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Probing-Prompting dengan bantuan alat peraga pecahan. Tahapan pelaksanaan penelitian dimulai dengan memberi tes 1 di kelas VII B SMP Bruder Pontianak yang berjumlah 32 siswa untuk melihat tingkat pemahaman konseptual dan penalaran adaptif siswa dalam materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Selanjutnya analisis dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap beberapa siswa yang untuk mengetahui kesalahan pemahaman konsep dan juga alasan dari jawaban yang diberikan. Tahapan berikutnya adalah memberikan pembelajaran dengan pendekatan Probing-Prompting pada kelas VII C SMP Bruder Pontianak yang berjumlah 30 siswa. Pendekatan pembelajaran Probing-Prompting yang dirancang meliputi RPP, LKS serta kegiatan menyusun dan menemukan konsep penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan bantuan alat peraga pecahan. Selanjutnya para siswa kelas VII C diberikan tes 2 untuk melihat tingkat pemahaman konseptual dan penalaran adaptif dalam materi penjumlahan dan pengurangan pecahan setelah pembelajaran. Kemudian melakukan analisis terhadap jawaban yang diberikan dan melakukan wawancara terhadap beberapa subjek penelitian. Adapun hasil penelitian ini secara umum adalah berupa rekomendasi dan contoh penerapan pendekatan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konseptual dan penalaran adaptif siswa dalam materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Kata Kunci: Probing-Prompting, pemahaman konseptual, penalaran adaptif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723