ANALISIS PENGGUNAAN METODE MENGAJAR GURU PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SMAS TAMAN MULIA SUNGAI RAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode mengajar guru pada mata pelajaran sosiologi di SMAS Taman Mulia Sungai Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi sumber data adalah guru mata pelajaran sosiologi di SMAS Taman Mulia Sungai Raya. Hasil menunjukkan bahwa guru di sekolah ini sudah menggunakan metode mengajar, namun hanya sebatas ceramah, tanya jawab dan penugasan karena menurut beliau penggunaan metode ini tidak memakan waktu yang lama dan materi bisa cepat disampaikan kepada siswa, sebab siswa di sekolah ini kurang tanggap serta kurang perhatiannya di bidang akademik. Lingkungan belajar juga kurang mendukung untuk menerapkan metode atau variasi-variasi mengajar, sehingga hasil belajar siswa jika dikaitkan dengan metode mengajar yang sering diterapkan kurang memuaskan.
Kata Kunci: Penggunaan Metode Mengajar, Mata Pelajaran Sosiologi
Abstract : This research aims to determine the use of teaching methods of teachers in the subjects of sociology at SMAS Taman Mulia Sungai Raya. The method used is descriptive method. The data collection techniques in this research is using observation, interviews, and documentation. In this research, the data source is a professor of sociology at SMAS subjects Taman Mulia Sungai Raya . Results showed that the teachers in these schools are using teaching methods, but was limited to lectures, discussion and assignments because according to him the use of this method does not take a long time and the material can be quickly delivered to students, because students at these schools are less responsive and less attention in the academic field. Also less supportive learning environment to implement the method or variations of teaching, so that students' learning outcomes in relation to the teaching methods that are often applied less satisfactory.
Keywords : Method of Teaching , Sociology Subject
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i11.3776
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats