PENGGUNAAN METODE PERMAINAN BAHASA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN 39 SUNGAI KAKAP

Nurhasanah F37009046, Suhardi Marli, Siti Halidjah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berbicara siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 39 Sungai Kakap. Keadaan ini disebabkan oleh guru yang memposisikan siswa sebagai penerima informasi pasif yakni guru menyampaikan materi pelajaran Bahasa Indonesia masih menggunakan metode ceramah. Dari itu, metode permainan pada penelitian ini dipergunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun hasil penelitian ini antara lain: (1) perencanaan pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 0,62 dari skor 3,19 pada perencanaan pembelajaran pertama menjadi skor 3,81 pada perencanaan pembelajaran kedua; (2) penggunaan metode permainan meningkatkan aktivitas belajar siswa, dari sebelum dilakukan tindakan (prasiklus) dan setelah tindakan pertama (siklus I) dengan metode permainan aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 35,14%, kemudian setelah dilakukan tindakan kedua (siklus II), aktivitas belajar siswa kembali meningkat sebesar 11,79%; (3) kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan metode permainan mengalami peningkatan sebesar 0,65 dari skor 3,24 yakni kategori baik pada siklus I menjadi skor 3,89 yakni kategori sangat baik pada siklus II; dan (4) penggunaan metode permainan dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa, dari prasiklus dan siklus I peningkatan sebesar 9,87 kemudian dari siklus I hingga siklus II terjadi peningkatan sebesar 7,96.

Kata Kunci: Metode Permainan, Kemampuan Berbicara

Abstrak: This research is based on the low-ability of speaking of third year students of Sekolah Dasar Negeri 39 Sungai Kakap. This situation is caused by the teacher that put student as passive information recipient,teacher still delivers material using lecturing technique. According to that, Game Method in this research is used. This research uses Descriptive Research and Class Action Research (CAR). Therefore the result are (1) Leason Plan increases for 0,62 from 3,19 in the first and become 3,81 in the seconds (2) the using of game method increase student learning activity, from pre-treatment and after treatment I by learning activity game method to 35,14%, then after treatment II, students activity increase up to 11,79%; (3) Teacher Ability in implementing Lesson Plan by using Game Method increase 0,65, from 3,24 score for Good in treatment I becomes Very Good with 3,89 score in treatment II; dan (4) Using Game Method would increase student speaking ability, from pre-treatment and treatment I for 9,87 and from treatment I to treatment II for 7,96.

Keywords : Game Method, Speaking Ability


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i10.3736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats