PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA SMP NEGERI 7 PONTIANAK
Abstract
Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas dengan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 7 Pontianak Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan keterampilan menulis puisi bebas dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 7 Pontianak tahun pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan sebagai berikut. Persentase aktivitas siswa kelas E SMP Negeri 7 Pontianak tahun pelajaran 2012/2013 dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi bebas dengan pendekatan mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I 54% menjadi 89,18% pada siklus II. Jadi, terjadi peningkatan sebesar 35,18%. Sementara itu, rata-rata hasil belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 7 Pontianak tahun pelajaran 2012/2013 dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi bebas dengan pendekatan kontekstual mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I nilai rata-rata kelas adalah 65 meningkat menjadi 78. Jadi, terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 13. Hal ini berarti pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil pembelajaran menulis puisi bebas pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 7 Pontianak tahun pembelajaran 2012/2013.
Kata kunci: Menulis puisi bebas, pendekatan kontekstual
Abstract: Free Poetry Writing Skills Improvement with Contextual Approach in Class VIII E SMP Negeri 7 Pontianak Academic Year 2012/2013. This study aimed to describe the improvement of writing skills with a free poetry contextual approach on eighth grade students of SMP Negeri 7 Pontianak school year 2012/2013. The method used is descriptive method of research is a form of qualitative research. Based on the analysis of data, can be summarized as follows. The percentage of grade E activity SMP Negeri 7 Pontianak school year 2012/2013 the following free poetry writing class with increased approach, ie on the first cycle 54% to 89.18% in the second cycle. Thus, an increase of 35.18%. Meanwhile, the average eighth grade student learning outcomes E SMP Negeri 7 Pontianak school year 2012/2013 the following free poetry writing class with increased contextual approach, which in the first cycle the average grade is 65 increased to 78. Thus, an increase in the average value of 13. This means learning the contextual approach can improve learning outcomes in free poetry writing class VIII E SMP Negeri 7 Pontianak learning year 2012/2013.
Keywords: Free poetry writing, contextual approachFull Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i10.3633
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats