PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TEKNIK BERTUKAR PASANGAN KELAS V SD
Abstract
Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan di kelas V SDN 06 Pontianak Selatan menggunakan Model kooperatif teknik bertukar pasangan?. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dan kinerja guru dengan model kooperatif teknik bertukar pasangan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas, sifat penelitian kolaboratif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian yang diperoleh aktivitas siswa dari siklus 1 yaitu 61,77%, dan siklus 2 yaitu 82,66%. Kinerja guru dari siklus 1 yaitu 3,39 dan siklus 2 yaitu 3,74. Dengan dilaksanakannya model kooperatif teknik bertukar pasangan terlihat aktivitas siswa dan kinerja guru mengalami peningkatan.
Kata kunci : Aktivitas, Kooperatif Bertukar Pasangan, IPS
Abstract: The research problem is how is the increasing of students learning activity in learning social science material Respect the role and service of independence proclamator in the fifth grade of SDN 06 South Pontianak by using role-play technique?. The research purpose is to describe the increasing of students learning activity and teachers task by using role-play technique. Method of this research is descriptive, by using classroom action research, collaborative. This research is alone two circles. Research result is students activity of the first is 61,77% and the second circle is 82,66%. Teachers task of the first circle is 3,39 and the second circle is 3,74. By conducting cooperative model role-play, it seems that students activity and teachers task increased.
Keywords: Activity, Cooperative Change over Couple, IPS
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i10.3601
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats