PENGEMBANGAN MODUL MODEL ELABORASI UNTUK KECAKAPAN MERUMUSKAN DAN MENGGUNAKAN KONSEP REAKSI REDOKS DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMK NEGERI 2 PONTIANAK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bermaksud mengembangkan media pembelajaran berupa modul menggunakan model elaborasi yang diperlukan peserta didik untuk mempelajari konsep reaksi redoks dalam pembelajaran kimia.
Kegiatan penelitian difokuskan pada pengembangan modul pembelajaran konsep reaksi redoks dengan melihat kelayakan modul ini baik dari segi tampilan, bahasa, materi dan berbagai hal yang berkaitan dengan pengembangan modul. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Research and Development. Analisa data penelitian dilakukan secara deskriptif serta dilakukan analisa butir soal hasil evaluasi modul yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul membutuhkan berbagai tahapan mulai dari studi pendahuluan, perumusan model, validasi, uji coba terbatas, revisi hasil uji coba perorangan dan kelompok kecil, uji lapangan serta revisi dan penyempurnaan produk akhir. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran yang disusun telah memenuhi aspek kelayakan baik dari segi teoritis maupun dari segi empiris, walaupun masih terdapat beberapa kekurangan dan keterbatasan dalam pengembangan modul ini.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul Pembelajaran, Model Elaborasi
Abstract:This research intends to develop a learning media modules using a model of elaboration which required of learners to learn the concept of redox reactions in chemistry learning. This research activities focused on the development of learning modules concept by looking at the feasibility of a redox reaction this module both in terms of appearance, language, materials and various issues related to the development of the module. The research was conducted by using the approach of Research and Development. Analysis of the research data was analyzed descriptively as well as items developed evaluation module.The results of research showed that the module requires various stages of development ranging from preliminary studies, the model formulation, validation, limited testing, revision of the results of individual trials and small groups, field testing and refinement and revision of the final product. Based on the data obtained, it can be concluded that the learning modules are structured in compliance with the feasibility aspects in terms of both theoretical and empirical terms, although there are still some shortcomings and limitations in the development of this module.
Keywords: Development, Learning Module, Model Elaboration
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i10.3588
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats