PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN KEPEDULIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ANGKASA KUBU RAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menumbuhkan kepedulian anak usia 5-6 Tahun di TK Angkasa Kabupaten Kubu Raya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran guru sebagai organisator, fasilitator, informator, motivator dan konselor dalam menumbuhkan kepedulian anak melalui kegiatan pembelajaran serta sikap kepedulian yang muncul melalui peran guru dalam menumbuhkan kepedulian anak usia 5-6 Tahun di TK Angkasa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sampel penelitian ini adalah 1 guru kelas B2 dan anak yang berjumlah 26 orang di TK Angkasa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peran guru sebagai sebagai organisator, fasilitator, informator, motivator dan konselor dalam menumbuhkan kepedulian anak melalui kegiatan pembelajaran sudah optimal. Guru memberikan informasi kepada anak dengan memanfaatkan setiap kejadian dalam kehidupan sehari-hari untuk mendorong tumbuhnya rasa kepedulian anak, memberikan motivasi kepada anak serta memberikan bimbingan terhadap anak yang sedang mengalami masalah.
Kata Kunci : Guru, kepedulian, anak
Abstract: This research aim to to know role of teacher in grow caring of age child 5-6 Year in Great TK Space Sub-Province Citadel. Target of research is to know role of teacher as organizer, fasilitator, informator, and motivator of konselor in grow caring of child through activity of study and also caring attitude which emerge to through role of teacher in grow caring of age child 5-6 Year in TK Space. Method Research the used is descriptive method by using approach of research qualitative. this Research Sampel is 1 class teacher of B2 and child amounting to 26 people in TK Space. Result of data analysis indicate that role of teacher as as organizer, fasilitator, informator, and motivator of konselor in grow caring of child throug activity of study have is optimal. Teacher give information to child by exploiting each;every occurence in everyday life to push the growing of feeling caring of child, giving motivation to child and also give tuition to child which is experiencing of problem.
Keywords: Teacher, caring, child
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i10.3569
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats