PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK PENDAMPING IMAN ANAK SEKOLAH MINGGU

Thomas More, Aloysius Mering, Dede Suratman

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan modul untuk pendamping iman anak sekolah minggu dan pelaksanaan pengembangan modul untuk pendampingan iman anak sekolah minggu dengan subjek pendamping iman anak sekolah minggu adalah Paroki Santo Yosef Meraban Keuskupan Ketapang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan Borg & Gall dengan model desain ADDIE. Data diperoleh melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi yang diberlakukan pada subjek penelitian. Alur dari pelaksanaan penelitian ini melalui tiga tahapan utama yaitu (1) Tahap pra-penelitian, yang meliputi analisis  kebutuhan, penelitian dan pengumpulan data, dan tahap perencanaan, (2) Tahap pengembangan draft produk, yang meliputi mengembangkan tes kriteria, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan ajar, merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, serta merevisi paket pembelajaran, dan (3) Tahap uji coba dan revisi evaluasi, yang meliputi uji coba tahap pertama dan  revisi hasil ujicoba pertama, dan hasil ujicoba revisi pertama di ujicobakan kembali. Hasil validasi ahli menunjukan pengembangan melalui kegiatan validasi ahli media, materi, dan desain pembelajaran sebagian besar dinyatakan valid dengan hasil pretes 68,63 sedangkan hasil posttest 77,22. Penigkatan juga dapat dilihat dari hasil uji 2 t sampel berpasangan yang menunjukan nilai hitung > t (11,09 > 1,708), artinya terdapat peningkatan pendamping iman anak sekolah minggu menggunkan modul. Dari sisi pengembangan iman dapat dilihat dari perolehan hasil pendampingan pada pembelajaran sekolah minggu melalui penggunaan modul pendamping memperoleh hasil yang baik, yang ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah peserta didik yang hadir, dan siswa lebih aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan yang disampaikan pendamping.

Kata Kunci : Pendamping Iman Anak, Sekolah Minggu


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723