PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MENGGUNAKAN CERITA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELASV SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini adalah kelancaran membaca siswa dengan menggunakan cerita bergambar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 15 Nek Cikam. Kemampuan siswa memahami isi bacaan dengan menggunakan cerita bergambar dalam pembelajaran bahasa indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 15 Nek Cikam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 9 orang. siklus I menunjukan hasil kelancaran membaca siswa dengan menggunakan cerita bergambar sebanyak 6 orang siswa yang tuntas dengan tingkat persentase 66,66 %, dan hasil kemampuan siswa menanggapi isi bacaan dengan menggunakan cerita bergambar sebanyak 5 orang siswa yang tuntas dengan tingkat persentase 55,55 %. Pada siklus II menunjukan hasil kelancaran membaca siswa dengan menggunakan cerita bergambar sebanyak 7 orang yang tuntas dengan persentase 77,77 %, dan kemampuan siswa menanggapi isi bacaan dengan menggunakan cerita bergambar sebanyak 6 orang yang tuntas dengan tingkat persentase 66,66 %.
Kata Kunci : Cerita Bergambar, kemampuan membaca, pembelajaran bahasa Indonesia, SD.
ABSTRACTION
This Internal issue Research fluency read student by using pictorial story in study of Indonesian class of V Elementary School Country 15 Nek Cikam. Ability of student comprehend reading content by using pictorial story in study of Ianguage of indonesia Class of V Elementary School Country 15 Nek Cikam. Method Research which [is] used in this research [is] descriptive with research type Research Of Action Class. Subyek in this research [ class student of V amounting to 9 people. cycle of I menunjukan result of fluency read student by using pictorial story counted 6 complete student people with percentage storey;level 66,66 %, and result of ability of student answer to reading content by using pictorial story counted 5 complete student people with percentage storey;level 55,55 %. At cycle of II menunjukan result of fluency read student by using pictorial story counted 7 one who complete with percentage 77,77 %, and ability of student answer to reading content by using pictorial story counted 6 one who complete with percentage storey;level 66,66
Keyword : Pictorial Story, ability read, study of Indonesian, SD
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i9.3476
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats