PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN GAYA MAGNET KELAS V SD

Jumlian F33111016, Hery Kresnadi, Budiman Tampubolon

Abstract


Abstrak: Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran Magnet Kelas V SD. Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses siswa dalam pembelajaran gaya magnet dengan menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V SDN 13 Marga Mulya Kabupaten Bengkayang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi langsung dan teknik pengukuran. Sedangkan alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan butir soal. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus. Hasil analisis data menunjukkan kemampuan guru dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk meningkatkan keterampilan proses siswa pada siklus I sebesar 71% dan pada siklus II menjadi 88%, kemampuan guru melaksanakan pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan proses siswa pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II menjadi 75%, sedangkan keterampilan mengobservasi siswa pada siklus I 65% menjadi 70% pada siklus II, keterampilan melakukan eksperimen pada siklus I adalah 69% menjadi 79% pada siklus II, keterampilan mengklasifikasi siswa pada siklus I 68% menjadi 75% pada siklus II keterampilan mengkomunikasikan siswa pada siklus I 62% menjadi 73% pada siklus II, Keterampilan menginferensi siswa pada siklus I 58% menjadi 68% pada siklus II, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 65 dan siklus II sebesar 78. Jadi, disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran gaya magnet dapat meningkatkan keterampilan proses siswa dan juga berdampak pada ketuntasan hasil belajar siswa kelas V SDN 13 Marga Mulya Kabupaten Bengkayang.

Kata Kunci: Metode Eksperimen, Keterampilan Proses, Magnet.


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i9.3440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats