PENGARUH PENGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR ROLL DEPAN PADA SENAM LANTAI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 PONTIANAK
Abstract
ABSTRACT: This study aims to determine how the use of media Audio Visual
influence on learning outcomes of students on roll materials especially the floor
exercises in class XI SMA 6 pontianak.
Form of quasi-experimental research is the design of nonequivalent control
group design. For the entire population of students of class XI Science SMAN 6
pontianak namely XI science 1, XI Science 2 XI Science 3. With the research sample
class XI science 2 and class XI Science 3. Sampling purposive sampling technique.
Consideration of the results of classroom teachers and researchers XI science 3 was
selected as the experimental class and class XI Science 2 was selected as the control
class. A data collection tool in conducting performance tests gerakakan roll forward.
Data Analysis with SPSS computerized accounting system using dispersion 19.
he results showed an average score of student learning outcomes using audiovisual
media is 70 higher than using the textbook for 57.6724. After testing paired
samples T Test obtained t (9.851) ? TTable (2.048) at the level of 0.05 means that
there is a difference between learning outcomes of students in the experimental class
using audio-visual media and the control class using the textbook. Effectiveness of
audio-visual media is high (ES = 1.88) and accounted for 46.99%.
Keywords: effects, audio-visual media, learning outcomes, gymnastics floor,
front rool.
ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh
penggunaan media Audio Visual terhadap hasil belajar siswa pada materi senam
lantai khususnya roll depan di kelas XI SMA Negeri 6 pontianak.
Bentuk penelitian ialah eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent
control group design. Untuk Populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6
pontianak yaitu XI IPA 1,XI IPA 2 XI IPA 3. Dengan Sampel penelitian kelas XI
IPA 2 dan kelas XI IPA 3. Teknik pengambilan sampel sampling purposif. Dari
hasil pertimbangan guru dan peneliti kelas XI IPA 3 terpilih sebagai kelas
eksperimen dan kelas XI IPA 2 terpilih sebagai kelas kontrol. Alat pengumpul data
berupa tes unjuk kerja dalam melakukan gerakakan roll depan. Analisis data dengan
mengunakan sistem perhitungan komputerisasi SPSS persi 19.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor hasil belajar siswa yang
menggunakan media audio visual sebesar 70 lebih tinggi dibandingkan menggunakan
buku ajar sebesar 57,6724. Setelah dilakukan uji paired sampel T Test diperoleh
Thitung(9,851) ?Ttabel (2,048) pada taraf 0,05 artinya terdapat perbedaan antara hasil
belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan media audio visual dan
kelas kontrol yang menggunakan buku ajar. Efektivitas media audio visual tergolong
tinggi (ES = 1,88) dan memberikan kontribusi sebesar 46,99%.
Kata kunci : Pengaruh, Media Audio Visual, Hasil Belajar, Senam Lantai,
Rool Depan.
influence on learning outcomes of students on roll materials especially the floor
exercises in class XI SMA 6 pontianak.
Form of quasi-experimental research is the design of nonequivalent control
group design. For the entire population of students of class XI Science SMAN 6
pontianak namely XI science 1, XI Science 2 XI Science 3. With the research sample
class XI science 2 and class XI Science 3. Sampling purposive sampling technique.
Consideration of the results of classroom teachers and researchers XI science 3 was
selected as the experimental class and class XI Science 2 was selected as the control
class. A data collection tool in conducting performance tests gerakakan roll forward.
Data Analysis with SPSS computerized accounting system using dispersion 19.
he results showed an average score of student learning outcomes using audiovisual
media is 70 higher than using the textbook for 57.6724. After testing paired
samples T Test obtained t (9.851) ? TTable (2.048) at the level of 0.05 means that
there is a difference between learning outcomes of students in the experimental class
using audio-visual media and the control class using the textbook. Effectiveness of
audio-visual media is high (ES = 1.88) and accounted for 46.99%.
Keywords: effects, audio-visual media, learning outcomes, gymnastics floor,
front rool.
ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh
penggunaan media Audio Visual terhadap hasil belajar siswa pada materi senam
lantai khususnya roll depan di kelas XI SMA Negeri 6 pontianak.
Bentuk penelitian ialah eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent
control group design. Untuk Populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6
pontianak yaitu XI IPA 1,XI IPA 2 XI IPA 3. Dengan Sampel penelitian kelas XI
IPA 2 dan kelas XI IPA 3. Teknik pengambilan sampel sampling purposif. Dari
hasil pertimbangan guru dan peneliti kelas XI IPA 3 terpilih sebagai kelas
eksperimen dan kelas XI IPA 2 terpilih sebagai kelas kontrol. Alat pengumpul data
berupa tes unjuk kerja dalam melakukan gerakakan roll depan. Analisis data dengan
mengunakan sistem perhitungan komputerisasi SPSS persi 19.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor hasil belajar siswa yang
menggunakan media audio visual sebesar 70 lebih tinggi dibandingkan menggunakan
buku ajar sebesar 57,6724. Setelah dilakukan uji paired sampel T Test diperoleh
Thitung(9,851) ?Ttabel (2,048) pada taraf 0,05 artinya terdapat perbedaan antara hasil
belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan media audio visual dan
kelas kontrol yang menggunakan buku ajar. Efektivitas media audio visual tergolong
tinggi (ES = 1,88) dan memberikan kontribusi sebesar 46,99%.
Kata kunci : Pengaruh, Media Audio Visual, Hasil Belajar, Senam Lantai,
Rool Depan.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i9.3318
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats