ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN ALGORITMIK MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SMAN 4 PONTIANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat pemahaman konsep siswa kelas XI pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan SMA Negeri 4 Pontianak, 2) tingkat pemahaman algoritmik siswa kelas XI pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan SMA Negeri 4 Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Sampel penelitian ini berjumlah 63 siswa dari XI IPA1 dan XI IPA2. Pemahaman konseptual dan algoritmik siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan diukur dengan menggunakan tes pilihan ganda beralasan dan pedoman wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa :1) siswa kelas XI SMA Negeri 4 Pontianak memiliki tingkat pemahaman konseptual pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dalam kategori rendah dan sangat rendah, 2) siswa kelas XI SMA Negeri 4 Pontianak memiliki tingkat pemahaman algoritmik pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dalam kategori rendah.
Kata Kunci: pemahaman konseptual, pemahaman algoritmik
Abstract: The purposes of this research are to determine: 1) level of concep understanding in solubility and solubility product of 11th grade students of SMA Negeri 4 Pontianak, 2) level of the algorithmic understanding in solubility and solubility product in 11th grade students of SMA Negeri 4 Pontianak. In regarding to achieve the purposes, this research used descriptive method. The sample of this research are 63 students from XI IPA1 dan XI IPA2. Conceptual and algorithmic understanding of students in solubility and solubility product was measured using multiple-choice test with reason and guideline interview. Based on data analysis, it showed that: 1) 11th grade students of SMA Negeri 4 Pontianak has low and very low category of conceptual understanding in solubility and solubility product, 2) 11th grade students of SMA Negeri 4 Pontianak has low level of algorithmic undestanding in solubilty and solubilty product.
Keywords:conceptual understanding, algorithmic understanding
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i9.3311
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats