KORELASI ANTARA MOTIVASI INTRINSIK DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Lukmanul Hakim, Suhardi Marli, Sri Utami

Abstract


Abstract : Problem in this research is 1). How intrinsic motivation fifth grade student on the subject sof social sciences at elementary school 52 Pontianak city?. 2) Howbig is the learning outcomes of students 3). Is the a correlation between intrinsic motivation to learn the results. The method used in this research is descriptive method of research form association studies (interrelationship studies).This study is a population with a number of 42 students. Results showerd intrinsic motivation of student in 52 public elementary scholls is in excellent simply because it goes to the range of values 60- 69. There is a moderate is then comparaed with the r table on db level of 5% for N =42 is 0,34. Thus the accepted and null hypothesis (Ho) is rejected because the calculated value of r between intrinsic motivation of learnes with learning outcomes of student in the subject of social sciences school class V 52 elemntary of school Pontianak City.

Keywords : Intrinsic, Motivation, Social Sciences, and Learning Outcomes.

Abstrak : Masalah umum dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana motivasi intrinsik peserta didik kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SDN 52 Pontianak Kota, 2). Seberapa besar hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SDN 52 Pontianak Kota? 3). Apakah terdapat korelasi antara motivasi intrinsik dengan hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SDN 52 Pontianak Kota?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi hubungan (Interrelationship studies). Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan jumlah 42 orang peserta didik, hasil penelitian menunjukkan motivasi intrinsik peserta didik di sekolah dasar negeri 53 Pontianak Kota tergolong sangat baik yaitu sebesar 95,46 %. Sedangkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, diperoleh nilai rata rata 69 tergolong cukup karena masuk pada rentang nilai 60- 69. Terdapat hubungan yang sedang antara motivasi intrinsik dengan hasil belajar peserta didik. Nilai tersebut selanjutnya dibandingkan dengan r tabel pada taraf 5 % untuk db N=42 adalah 0,304. Dengan demikian r hitung > dari r tabel atau 0,64 > 0,304. Pada penelitian ini Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis nol (Ho) ditolak karena nilai r hitung lebih besar dari r tabel, yang berarti terdapat korelasi/hubungan antara motivasi intrinsik peserta didik dengan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V Sekolah Dasar Negeri 52 Pontianak Kota.

Kata kunci: Motivasi Intrinsik, Ilmu Pengethuan Sosial, dan Hasil Belajar.


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i8.3041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats