STRATEGI KONSTRUKTIVISTIK MATEMATIKA BERBANTUAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARAN SEGITIGA SEBANGUN KELAS IX SMP TUNAS BANGSA
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian yaitu: (a) Kemampuan siswa mengenali, memahami konsep
segitiga sebangun melalui strategi konstruktivistik berbantuan media komputer; (b)
Kemampuan siswa menganalisis, menemukan sifat-sifat dari segitiga sebangun dengan
strategi konstruktivistik berbantuan media komputer; (c) Cara siswa memahami
menghitung luas segitiga menggunakan konsep perbandingan kesebangunan segitiga
dengan strategi konstruktivistik berbantuan media komputer; (d) Kemampuan siswa
mengaplikasikan pemahaman menghitung luas segitiga menggunakan konsep
perbandingan kesebangunan segitiga dengan strategi konstruktivistik berbantuan media
komputer dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian : (a) siswa mengenali,
memahami konsep kesebangunan setelah diberikan banyak contoh dan berinteraksi dengan
lingkungan sekitar; (b) siswa mampu menganalisis bentuk segitiga sebangun, menemukan
sifat segitiga sebangun; (c) cara siswa memahami penjelasan konsep perbandingan
kesebangunan segitiga adalah gambar segitiga bentuk awal mengalami perbesaran atau
pengecilan dengan perbandingan yang sama pada tiap sisi gambar segitiga, yang
diterapkan dalam menghitung luas segitiga; (d) siswa dapat mengerjakan soal, siswa dapat
memberikan contoh tentang penggunaan konsep kesebangunan dalam kehidupan seharihari.
Kata Kunci: strategi, konstruktivistik, konsep segitiga sebangun
Abstract: The aims: (a) student?s ability recognize, understand concept of similar triangles
through constructivist strategies assisted by multimedia; (b) students skills analyzing,
finding the properties of similar triangles through constructivist strategies assisted by
multimedia; (c) students understand calculating area of triangle using concept of similarity
with comparison through constructivist strategies assisted by multimedia; (d) students
ability applying understanding calculate area of triangle using concept of similarity with
comparison through constructivist strategies assisted by multimedia in daily life. Result
showed: (a) students recognize, understand concept of similarity after given examples and
interact with their surroundings; (b) students able to analyze, find the properties of similar
triangles; (c) students understand the concept of similarity with comparison, early form of
triangle image magnification or reduction will experience same comparison on each side
of triangle, applied to calculate area of triangle; (d) students answer questions, provide
examples the use concept of similarity in daily life.
Key words: strategy, constructivist, the concept of similar triangles
segitiga sebangun melalui strategi konstruktivistik berbantuan media komputer; (b)
Kemampuan siswa menganalisis, menemukan sifat-sifat dari segitiga sebangun dengan
strategi konstruktivistik berbantuan media komputer; (c) Cara siswa memahami
menghitung luas segitiga menggunakan konsep perbandingan kesebangunan segitiga
dengan strategi konstruktivistik berbantuan media komputer; (d) Kemampuan siswa
mengaplikasikan pemahaman menghitung luas segitiga menggunakan konsep
perbandingan kesebangunan segitiga dengan strategi konstruktivistik berbantuan media
komputer dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian : (a) siswa mengenali,
memahami konsep kesebangunan setelah diberikan banyak contoh dan berinteraksi dengan
lingkungan sekitar; (b) siswa mampu menganalisis bentuk segitiga sebangun, menemukan
sifat segitiga sebangun; (c) cara siswa memahami penjelasan konsep perbandingan
kesebangunan segitiga adalah gambar segitiga bentuk awal mengalami perbesaran atau
pengecilan dengan perbandingan yang sama pada tiap sisi gambar segitiga, yang
diterapkan dalam menghitung luas segitiga; (d) siswa dapat mengerjakan soal, siswa dapat
memberikan contoh tentang penggunaan konsep kesebangunan dalam kehidupan seharihari.
Kata Kunci: strategi, konstruktivistik, konsep segitiga sebangun
Abstract: The aims: (a) student?s ability recognize, understand concept of similar triangles
through constructivist strategies assisted by multimedia; (b) students skills analyzing,
finding the properties of similar triangles through constructivist strategies assisted by
multimedia; (c) students understand calculating area of triangle using concept of similarity
with comparison through constructivist strategies assisted by multimedia; (d) students
ability applying understanding calculate area of triangle using concept of similarity with
comparison through constructivist strategies assisted by multimedia in daily life. Result
showed: (a) students recognize, understand concept of similarity after given examples and
interact with their surroundings; (b) students able to analyze, find the properties of similar
triangles; (c) students understand the concept of similarity with comparison, early form of
triangle image magnification or reduction will experience same comparison on each side
of triangle, applied to calculate area of triangle; (d) students answer questions, provide
examples the use concept of similarity in daily life.
Key words: strategy, constructivist, the concept of similar triangles
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i8.3036
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats