METODE DISKUSI KELOMPOK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 18 KUALA MANDOR.B

Jarobet Rajagukguk, Sugiyono ., Asmayani Salimi

Abstract


Abstrak: Rendahnya nilai hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 18 Kuala Mandor.B Kabupaten Kubu Raya menjadi Latar belakang dilakukannya penelitian ini, hal ini terjadi sebagai akibat kurang maksimalnya kemampuan guru dalam menggunakan model pembelajaran dan penggunaan media belajar ketika kegiatan belajar mengajar, penggunaan metode ceramah dan pemberian tugas pada kegiatan pembelajaran IPS membosankan siswa. Rumuskan masalah penelitian adalah apakah dengan penerapan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SDN.18 Kuala Mandor.B Kabupaten Kubu Raya. Tujuan penelitian ialah untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang penerapan metode diskusi kelompok pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN.18 Kuala Mandor.B Kabupaten Kubu Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan bersifat kolaboratif, tempat penelitian adalah siswa dan guru kelas V SDN.18 Kuala Mandor.B. Penelitian dilaksanakan dalam 4 tahap kegiatan yaitu Perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi dilaksanakan dua siklus kegiatan; dibantu seorang teman sejawat sebagai observer untuk mengamati kegiatan guru dan siswa. Hasil penelitian siklus I menunjukkan kemampuan guru menyusun RPP adalah 3,42 dan pada siklus II adalah 3,83;adapun kemampuan guru melaksanakan pembelajaran pada siklus I adalah 3,64 dan siklus II adalah 3,92 terdapat kenaikan sebesar 0,28; dan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 55,62 dan siklus II 66,90 ada kenaikan 11,28; Penggunaan metode diskusi kelompok dapat menaikkan hasil belajar siswa

Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Hasil belajar, Metode Diskusi Kelompok.

Abstract: The low of social sicience learning outcomes of students grade V SDN.18 Kuala Mandor.B Kabupaten Kubu Raya is the background of this study. This happened because of the lack of teachers maximal ability to us learning model and media in teaching learning, the use of lecture method and giving assignments on social science learning activies make student bored. The formulation of research problem is whether the application of the group discussion method can improve student learning outcomes on social science learning grade V SDN.18 Kuala Mandor.B Kabupaten Kubu Raya. The objective of this study is to get accurate information about the application of group discussion method on social science learning can improve the learning outcomes of the student grade V SDN.18 Kuala Mandor.B this study use descriftive method and collaborative, the place of research is student and teaher grade V SDN.18 Kuala Mandor.B. Research carried out in four stages activies, that is planning action, implementing action ,observation and reflection activies carried out in 2 cycles helped by a peeras observer the activities of teacher and student. The result of research cycle I show that the teacher ability in formulating lesson plan is 3,42 and on cycle II 3,83;while the teacher ability in implementing learning on cycle I is 3,64 and cycle II 3,92 which increased 0,28; and the everage of students learning outcomes on cycle I is 55,62 and cycle II 66,90 which increased 11,28; the use of group discussion method can improve students learningoutcomes.


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i8.2980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats