PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MURID KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 11 KECAMATAN PONTIANAK KOTA

Monaria Pandiangan, Marzuki ., Mastar Asran

Abstract


ABSTRAK: Permasalahan dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar murid yang masih rendah, baik aktivitas fisik, aktivitas mental, maupun aktivitas emosional. Aktivitas belajar murid yang rendah berakibat pula pada hasil belajar murid rendah. Penelitian ini bertujuan memaparkan secara jelas aktivitas belajar IPA melalui penggunaan metode demonstrasi di Kelas III SD Negeri 11 Kecamatan Pontianak Kota.

Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Bentuk penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik observasi langsung, komunikasi langsung, dan dokumenter, sedangkan alat pengumpul data berupa lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dimana setiap siklus dengan satu kali pertemuan.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terjadinya peningkatan aktivitas belajar murid, baik aktivitas fisik, aktivitas mental, maupun aktivitas emosional. Hal ini terlihat dari hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada siklus II yaitu aktivitas fisik rata-rata mencapai 86 %, aktivitas mental 64 %, dan aktivitas emosional 83 %. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar pada pembelajaran IPA di kelas III SD Negeri 11 Pontianak Kota.

Kata Kunci: Metode demonstrasi, aktivitas belajar, pembelajaran IPA

ABSTRACT: The problem of this research is the students learning activity which is still low either physically, or mentally and even emotionally. The low activity of the students learning influences the students outcomes. This research aimed to describe clearly about learning activity on science subject through demonstration method in class III of SD Negeri 11 Pontianak Kota.

In this research, the writer used descriptive method. The form of the research is class action fieldwork with direct observation technique, direct communication and documentary. The data collecting is in form of observation list, interview list, and documentation. This research is conducted in two cycles; cycle I and cycle II with one meeting in every cycle.

The result of this research is that the students learning activity has increased, in terms of physical activity, mental activity, and emotional activity. It is shown by the result of observation on students learning activity in cycle II. The average of physical activity is 86%, method activity is 64% and emotional activity is 83%. From this result it can be concluded that the use of demonstration method can be increase the learning activity on science subject in class III of SD Negeri 11 Pontianak Kota.

Keywords: demonstration method, learning activity, science learning


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i8.2932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats