PENGGUNAAN METODE SAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 MADRASAH IBTIDAIYAH 01 BELONSAT


Abstract


Abstrak: Peneliti tentang Penggunaan Metode SAS untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 Belonsat bertujuan untuk meningkatkan hasil mebaca permulaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah 01 Belonsat. Metode Penelitian adalah metode Deskriptif dan jenis penelitian penelitian tindakan kelas. Teknik penelitian adalah teknik observasi langsung dan teknik pengukuran.Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah 1 Belonsat.Siswa berjumlah 7 orang, yang terdiri dari 4 orang perempuan dan 3 orang laki-laki. Penelitian dilaksanakan pada semerter ganjil pada bulan agustus.Berdasarkan uraian hasil tiap siklus penggunaan metode SAS dan kartu huruf dapat meningkatkan minat membaca siswa, yang dapat dilihat dari hasil perolehan rata- rata dari siklus 1 sampai siklus 11. Pada siklus 1 dangan skor 2,34. Meningkat pada siklus 11 dengan skor 3,8. Berdasarkan uraian diatas, secara umum dengan menggunakan metode SAS dan kartu huruf sudah berhasil meningkatkan pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Belonsat. Dengan demikian metode SAS dan kartu huruf ini sesuai diterapkan pada saat proses pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan membaca siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah 01 Belonsat.

Abstract: Research on the Use of Methods to Improve Learning Outcomes SAS Beginning Reading At Grade 1 Belonsat aimed at improving learning outcomes at the beginning mebaca Indonesian Islamic Elementary School 1st Grade Students 01 Belonsat. Methods The study is a descriptive method and type of classroom action research study. Engineering research is the technique of direct observation and pengukuran.Subjek techniques in this study were grade 1 teacher and 1 Belonsat.Siswa Islamic elementary schools account for 7 people, consisting of 4 women and 3 men. The experiment was conducted at odd semerter in agustus.Berdasarkan descriptions of each cycle results using SAS methods and letter cards can increase students' interest in reading, which can be seen from the results of the average acquisition cycle 1 to cycle 11. In view of cycle 1 scores 2.34. Increases in cycle 11 with a score of 3.8. Based on the description above, generally using the SAS cards and letters have managed to improve learning to read beginning grade 1 Belonsat Islamic Elementary School. Thus the SAS method is suitable cards and letters are applied during the process of learning the Indonesian language for grade 1 students improve reading Islamic Elementary School 01 Belonsat.


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i8.2928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats