PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 20 SUNGAI KELI. KABUPATEN LANDAK
Abstract
Abstrak: Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar Negeri 20 Sungai Keli. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas, jenis penelitian kualitatif, sifat penelitian kolaboratif, di Sekolah Dasar Negeri 20 sungai keli dengan subjek penelitian guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Berdasarkan observasi awal (base line) peneliti hanya 5% siswa yang mengalami peningkatan aktivitas dalam pembelajaran IPA. Selama penerapan penelitian tindakan kelas (PTK) persentase tersebut meningkat menjadi 65,89% pada siklus pertama (I), dan akhirnya mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus ke dua (II) yaitu 93,89%. Hal ini menunjukan bahwa penerapan metode eksperimen dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar Negeri 20 Sungai Keli Kabupaten Landak.
Kata kunci: Metode Eksperimen, Aktivitas, IPA
Abstract: The method experimental to increasing the activity of students learning in science class IV schools 20 Sungai Keli. Research described aims is to influence the method experimental to activity increases learning students in science. Research methods used, are methods descriptive the research studies class, is action the kind of research, qualitative the collaborative research, in schools 20 Sungai Keli with the subject of research subjects IPA teachers and students IV class for 20 people. Based on early observasi researchers only 5% of students learning increased activity in science. During the class action research the percentage increase to first 65,89% in cycles and finally seen a significant increase in both the cycle 93,89%. This shows that the experimental methods can be used to improve the activity of students learning in science class 20 Sungai Keli the Landak.
Keywords: Method Experiment, Activity, IPA
DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v2i8.2926
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats