PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE DRILL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR USABA SEPOTONG
Abstract
Abstrak: Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Metode Drill pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Usaba Sepotong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui apakah penerapan metode drill pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan berbicara murid kelas IV Sekolah Dasar Usaba Sepotong. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil analisis terhadap hasil tes belajar pada siklus pertama dan kedua, terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar murid dari 23,80 persen menjadi 85 persen. Hal ini berarti pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode drill dapat meningkatkan kemampuan berbicara murid kelas IV Sekolah Dasar Usaba Sepotong.
Kata Kunci: peningkatan, kemampuan berbicara, metode drill, pembelajaran bahasa indonesia
Abstract: Improved Method of Speech Drill on Learning Indonesian Elementary School IV Grade Usaba Sepotong. This study aims to determine whether the application of the method to determine the learning Indonesian drill can improve speaking ability Elementary School fourth-grader usaba piece. The method used is descriptive method of research is a form of action research. Based on the analysis of the test results to learn on the first and second cycle, an increase in the percentage of students passing grade of 23.80 percent to 85 percent. This means learning Indonesian with drill method can improve speaking ability Elementary School fourth-grader Usaba Sepotong.
Keywords: increase, the ability to speak, drill method, learning IndonesianDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i8.2906
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats