MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG CAMPURAN MENGGUNAKAN KANTONG BILANGAN DI KELAS I SEKOLAH DASAR

Duyanti F.34210467, Budiman Tampubolon, Ngatiyo .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yaitu belum mencapai taraf ketuntasan ( KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 60 ). Hal ini disebabkan guru tidak kreatif dalam menggunakan alat peraga untuk menyampaikan materi dan masih banyak menggunakan metode ceramah sehingga menimbulkan suasana belajar yang membosankan serta sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang rendah atau dibawah nilai ketuntasan yang telah ditentukan. Oleh karena itu masalah yang diamati adalah belum tercapainya taraf ketuntasan Pelajaran Matematika tentang operasi hitung campuran di Kelas 1.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian diskriptif yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan 1 kali pertemuan dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi terhadap tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 SD Negeri 18 Sungai Kakap yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data berupa hasil observasi instrument perencanaan pembelajaran, instrument pelaksanaan pembelajaran dan hasil tes siswa setiap siklus.Akhirnya disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika tentang opersi hitung campuran dengan menggunakan kantong bilangan di kelas I Sekolah Dasar Negeri 18 Sungai Kakap.

Kata Kunci : Meningkatkan, Hasil Belajar, Matematika Operasi Hitung Campuran, Alat Peraga Kantong Bilangan

Abstract :The research wasmotivated bythe lowstudent learning outcomes namely not yetreached the level ofcompleteness(KKM establishedschoolthat is60). This isbecauseteachersare notcreativein theuse ofpropstoconveythe materialandstill usethe lecture methodresulting ina dullatmosphere oflearning and theinfluence onstudent learning outcomesarelow orbelowa predeterminedvaluecompleteness. Thereforethe observedproblemis not yet achievedthe levelofmasteryMathLessonmixarithmetic operationsinClass1.The research methodused isdescriptiveresearchmethodthat consistsof2cycles,eachheld1 meetingcycleandeachcycle consistingofplanning, implementation, observation, andreflection onaction. Subjects weregrade 1GammonRiverElementary School18the 27students.Data collection techniquessuch aslesson planning observationinstrument, instrumentlearning implementationand test resultsof studentseachcycle.Finallyconcluded that there isan increase instudent learning outcomes inmathematicslearningaboutopersimixtureby using a bagcountnumbersinGrade IPrimary School18GammonRiver.

Keywords: improvement, learning outcome, Operation CountMixedMathematics, NumbersViewer toolbag.


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i8.2813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats