PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGUNAKAN MEDIA KONKRET KELAS 1 SD NEGERI NO. 05 NANGA UNGAI
Abstract
Abstrak : Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Konkret pada Materi Pengurangan Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 05 Nanga Ungai Kec. Kayan Hulu Kabupaten Sintang. Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa aktivitas pembelajaran Matematika masih sangat rendah. Penggunaan metode dan strategi pembelajaran yang kurang tepat menyebabkan rendahnya aktivitas pembelajaran Matematika pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 05 Nanga Ungai Kec. Kayan Hulu kabupaten Sintang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Matematika dengan menggunakan media benda konkret pada siswa kelas I SDN 05 Nanga Ungai yang berjumlah 14 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah menggunakan media benda konkret pada subjek penelitian, terdapat peningkatan aktivitas pembelajaran Matematika, baik dalam aktivitas fisik, mental, maupun emosional.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sifat penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dalam pelaksanaannya berkolaborasi dengan teman sejawat.
Kata Kunci: Peningkatan Aktivitas pembelajaran media kongkrit.
Abstract: The title Improvement Mathematics Learning Activity Using Media Discipline Matter Reduction in Grade 1 Elementary School 05 Nanga Ungai district. Kayan Sintang Hulu. Based on initial observations that have been made known that mathematics learning activity is still very low. The use of methods and learning strategies that are less precise cause low activity of learning mathematics at the Grade 1 Public Elementary School 05 Nanga Ungai district. Kayan Hulu Sintang district. The purpose of this research is to improve students' learning activities in learning mathematics using concrete objects media in class I SDN 05 Nanga Ungai totaling 14 people. The results showed that after using concrete objects media on the subject of research, there is an increase in the activity of learning mathematics, both in physical activity, mental, or emotional.Research method which is used in this research is descriptive method, nature of this research qualitative and this research type is Research Of Action Class ( PTK) which in its execution of collaborator with coleage.
Keywords: increasing media concrete learning activities.
DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v2i8.2811
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats