PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN METODE COOPERATIF MAKE A MATCH PADA MURID KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 10 TOHO
Abstract
Abstrak : Peningkatan Aktivitas Belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui Penerapan Metode Cooperatif Make A Match Pada murid Kelas III sekolah dasar Negeri 10 Toho. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran RPP PKn di kelas III SD Negeri 10 Toho dengan menggunakan metode Cooperatif Make A Match. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dan partisipasif. Data penelitian ini berupa data proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya peningkatan baik aktifitas murid, kinerja guru maupun hasil belajar murid. Untuk aktifitas murid terlihat adanya perubahan yang positif dimana terjadi peningkatan jumlah aktifitas murid disetiap aspeknya. Kinerja guru juga mengalami peningkatan rata-ratanya dimana pada pra siklus hanya 1,6 dengan kategori kurang, pada siklus I meningkat menjadi 2,8 dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 3,3 dengan kategori sangat baik. Demikian pula hasil belajar yang dicapai oleh murid pada kegiatan pra pembelajaran murid yang mencapai KKM sebanyak 4 orang dengan rata-rata 64,92. Pada siklus I murid yang berhasil mencapai KKM bertambah menjadi 5 orang dengan rata-rata 68,58 dan siklus II meningkat lagi menjadi 9 orang dengan rata-rata 74,17.
Kata Kunci : Peningkatan Aktifitas Belajar, Cooperatif, Make A Match,
pembelajaran PKn
Abstract : the increasing of learning activity of The Citizenship Education through the using of Cooperative make a match method to student class 3 Toho Elementary School 10. The purpose of this research to know of the Citizenship Education learning in Class 3 Toho Elementary School 10 by using the Cooperative Make a Match Method. This reasearch using cualitative and participative approach. The observation result show the increasing of students that taken through observation. The observation result show the increasing of students activity, teacher impression, and the student outcome of learning. There are positive changings to the student for each aspect. The teacher impression show increasing as shown in the pre cycle only 1,6% or less category and after the 1 st cycle became 2,8% or well enough category, and on the 2nd cycle became 3,3% or satisfactoril category. The student outcome on the pre learning reached KKM (minimal competeness criteria) only 4 student on the average 64,92.on the 1st cycle the students got KKM increased to 5 students on the average 68,58, and on the 2nd cycle increased to 9 on the average 74,14.
Key word : the increasing of learning activity, Cooperative, Make a match, The Citizenship Education learning
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i8.2808
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats