PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI
Abstract
Abstrak: Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan Menggunakan Metode Inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas, bersifat kolaboratif, jenis penelitian adalah kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Hasil belajar siswa pada pembelajaran ilmu penetahuan alam tiap siklusnya mengalami peningkatan. Hal ini terbukti pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 60,86, dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 73,86. Ada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 13,00. Dengan demikian menunjukkkan bahwa dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Kata Kunci: Metode Inkuiri, Hasil Belajar, pembelajaran IPA
Abstrak : Improved Student Learning Outcomes Learning In Natural Sciences using the inquiri method. This study aims to improve the results of student learning outcomes. This research uses dskriptive method, a form of research that is action research, collaborative nature, this type of research is qualitative, the subjects in this study were student and teachers. Student learning outcomes in science, each cycle reaches 60,86%, and the second cycle the average value reached 73,86%. There is an increase in student learning outcomes by 13%.this showing that using inquiri methods can improve student learning outcomes inscience.
Key Word: Method Of Inquiri, Learning, Natural Sciences
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i8.2807
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats