UPAYA MENINGKATKAN SOSIALISASI ANAK MELALUI METODE SOSIODRAMA USIA 5-6 TAHUN DI TK HANG TUAH
Abstract
Upaya Meningkatkan Sosialisasi Anak Melalui Metode Sosiodrama Kelas B3 Usaia 5-6 Tahun di TK Hang Tuah. Penelitian bertujuan agar siswa mampu berkomunikasi dengan teman pada saat mereka berada di dalam kelas maupun bermain bersama di halaman sehingga anak menjadi percaya diri dan mampu bersosialisasi dengan teman di lingkungannya yang akhirnya mereka lebih senang bermain bersama pada saat di luar kelas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, sifat penelitian ini adalah kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pada siklus I kemampuan interpersonal 63,33%, kemampuan untuk diterima berkomunikasi oleh teman sebaya 52,22%, keterampilan mengatur diri sendiri 52,22%, keterampilan berkomunikasi 63.33%. Pada Siklus II kemampuan interpersonal 85,00%, kemampuan untuk diterima berkomunikasi oleh teman sebaya 75,56%, keterampilan mengatur diri sendiri 75,56%, keterampilan berkomunikasi 80,00%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari data yang telah diperoleh dapat disimpulkan terjadi peningkatan pada setiap siklus.
Kata Kunci : Meningkatkan, Sosialisasi, Sosiodrama
Abstract: Efforts Improve Socialization Through Children's sociodramatic method B3 Class Kindergarten Age 5-6 Years at Hang Tuah. The research hhaims to enable students to communicate with friends when they are in class or playing together in the yard so that children become confident and able to socialize with friends in the neigh borhoodth ateventually they prefer to play with at the time out side of the class room. The method used in this study is descriptive, qualitativenature of this study is, this type of researchisa classroom action research (CAR). The calculations show that in the first cycle 63.33% interpersonal skills, ability to communicate is accepted by52.22% of peers, self-regulating skills 52.22%, 63.33% communication skills. CycleII at 85.00% interpersonal skills, ability to communicate accepted by 75.56% of peers, self-regulating skills 75.56%, 80.00% communication skills. The conclusion from this study is from the data that has been obtained it can be concluded there was an increasein each cycle.
Keywords: Boost, Socialization, sociodramas
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i8.2805
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats