PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEMATIK DI KELAS I SDN 20 PONTIANAK SELATAN
Abstract
Abstrak: Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Tematik Kelas IA Sekolah Dasar Negeri 20 Pontianak Selatan. Skripsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki kinerja guru dalam implementasi dengan menggunakan pembelajaran tematik di kelas 1 Sekoalh dasar Negeri 20 Pontianak Selatan. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif, bentuknya Penelitian Tindakan Kelas, dan sifat penelitian bersifat kualitatif, subjek penelitian guru, dan peserta didik kelas kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 20 Pontianak Selatan.Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik obsservasi langsung, teknik dokumenter, dan alat pengumpul data yang digunakan adalah pedoman observasi.Hasil penelitian Dengan menggunakan model tematik dapat meningkatkan aktivitas fisik murid pada siklus I sebesar 42% meningkat sebesar 70%, pada siklus II angkanya meningkat, meningkatkan aktivitas mental murid pada siklus I sebesar 27 % meningkat sebesar 79 % , pada siklus II meningkat sedikit. Aktivitas emosional murid pada siklus I sebesar 36 % meningkat sebesar 82%, pada siklus II meningkat
Kata kunci : Peningkatan, Aktivitas Belajar, Pembelajaran Model Tematik
Abstract: Improved Learners Learning Activity Using Thematic Model Primary School Class IA 20 South Pontianak. The purpose of this research is to improve the performance of teachers in the implementation of the use of thematic learning in class 1 base Sekoalh State 20 South Pontianak. This research method is descriptive, shape classroom action research, and the nature of qualitative research, teacher research subjects, and grade 1 class learners Elementary School 20 Pontianak Selatan.Teknik used in this study is a direct obsservasi techniques, documentary techniques, and data collection tool used was observation. The results Using a thematic model of physical activity can increase the pupil in the first cycle of 42% increased by 70%, the figure had risen to the second cycle, increasing mental activity students in the first cycle of 27% increased by 79%, in the second cycle increased slightly. Student emotional activity in the first cycle of 36% increased by 82%, increased in the second cycle.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i8.2798
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats