PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN 05 PONTIANAK KOTA

Nurhayati F33210015, Suhardi Marli, Rosnita .

Abstract


Abstrak : Pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 05 belum menekankan pada aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sehingga secara klasikal aktivitas siswa dalam pembelajaran pasif. Banyak faktor yang menyebabkan kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam belajar. Namun, dalam hal ini yang menjadi faktor utama adalah belum mengimplementasikan model pembelajaran yang meningkatkan partisipasi aktif siswa. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar Negeri 05 Pontianak Kota melalui penerapan model kooperatif make a match. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas dan sifat penelitian kolaboratif. Subjek penelitian adalah guru dan 27 orang siswa kelas V SD Negeri 05 Pontianak Kota. Hasil analisis data yang diperoleh melalui observasi dalam proses pembelajaran menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif make a match dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan peningkatannya yang cukup tinggi sebesar 51,93% dari 20% yang muncul di base line menjadi 71,93% di siklus I dan meningkat kembali menjadi 88,03% di siklus II sehingga peningkatannya sebesar 68,03% dari base line dengan kategori peningkatan di siklus II termasuk Tinggi. Peningkatan tersebut meliputi aktivitas fisik, mental dan emosional siswa pada pembelajaran IPS.

Kata Kunci:Aktivitas Siswa, Model Kooperatif Make A Match, Pembelajaran IPS

Abstract : Studying of IPS at the fifth grade of SD Negeri 05 no yet emphasized for student activity in learning. It causes as clasical student activity in pasif learning. A lot of factor causing the lack of student involvement actively in learning. But, in this case becoming primary factor is not yet to implementation model of learning that increasing student active participation. Therefore, this research aims to increasing student activity in IPS learning at the fifth grade of SD Negeri 05 Pontianak Kota through applying of cooperatif make a match. The method of research uses descriptive with the device of classroom action research and the characteristic of research is colaboratif. The subjec of research is teachers and 27 students at the fifth grade of SD Negeri 05 Pontianak Kota. Result of data analysis is obtained through observation in course of studying to show that the applying of cooperatif make a match can improve student activity at study of IPS with the high increasing equal to 51,93% from 20% what appear in base line become 71,93% in siklus I and increasing again to 88,03% in siklus II so that its increasing equal to 68,03% from base line with increasing category in siklus II is high. Its increasing cover to student physical activity, spritual adan emotional in IPS learning.

Key Words: Student activity, Cooperative oMake A Match, Study of IPS


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i8.2797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats