PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MURID KELAS IV MELALUI METODE EKSPERIMEN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 04 SADANIANG
Abstract
Abstrak: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan rancangan penelitian tindakan kelas sedangkan bentuk penelitiannya adalah survei. Subjek dalam penelitian ini murid kelas IV SD Negeri 04 Sadaniang yang berjumlah 24 orang dan guru (peneliti) yang mengajar dikelas IV SDN 04 Sadaniang.Teknik data yaitu teknik observasi langsung sedangkan alat pengumpul data yang digunakan lembar observasi untuk guru dan lembar observasi murid untuk mengetahui aktivitas belajar murid. Kegiatan pembelajaran menunjukkan secara pisik murid pada pembelajaran yaitu rata-rata baseline 41,67% meningkat menjadi 66,67% pada siklus I dan meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah dirumuskan tercapai sesuai tujuan yang dirumuskan. Dengan demikian pelaksanaan pembelajaran penelitian dan aktivitas belajar murid menggunakan metode eksperimen proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dikelas kelas IV SD Negeri 04 Sadaniang dinyatakan meningkat.
Kata kunci: Motivasi Belajar, Metode eksperime, Pembelajaran IPA
Abstract: This research used descriptive research design while the class action is a form of survey research. Subjects in this study Elementary School fourth-grader who totaled 04 Sadaniang 24 people and teachers (researchers) are taught in class IV SDN 04 Sadaniang. Technical the data that direct observation techniques, while the data collection tool used observation sheet observation sheets for teachers and students to learn student learning activities. Physical learning activities show pupils on learning the baseline average increased 41.67% to 66.67% in the first cycle and increased to 87.5% in the second cycle. Based on the results and discussion that has been achieved as formulated formulated goals. Thus the implementation of learning research and student learning activities using an experimental method of learning process Natural Science Elementary School fourth grade class 04 declared Sadaniang increased.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i8.2796
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats