PENINGKATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA MODEL BALOK GARIS BILANGAN
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah usaha untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik menggunakan media model balok garis bilangan pada pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar negeri 30 Pontianak Selatan. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif, bentuknya Penelitian Tindakan Kelas, bersifat kolaboratif, jenis penelitian adalah kualitatif. Subjek penelitian guru, dan peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 35 Pontianak Selatan yang berjumlah 28 orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung dan alat pengumpul data yang digunakan adalah pedoman observasi. Hasil penelitian berdasarkan dari observasi dengan menggunakan media model balok garis bilangan dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar. Berdasarkan uraian tersebut, secara umum penggunaan media model balok garis bilangan dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas IV SDN 30 Pontianak Selatan. Dengan demikian media model balok garis bilangan dapat digunakan saat proses pembelajaran Matematika untuk meningkatkan aktivitas belajar.
Kata kunci : Aktivitas Peserta didk, Media, Matematika
Abstract: The problem of this research is an effort to increase the students learning activity by using inbe number line model as, media in teaching mathematics for the fourth grader in Public Elementary School 30 Pontianak Selatan. The method of this research is descriptive method and the form is classroom action research. This qualitative research is observed collaboratively. The subyects of research are the teacher and twenty eigh students of the fourth grade in Public Elementary School 30 Pontianak Selatan. The technique which is used in this research is direct observation technique. Observation guide is used to collect data. The result of this research bared on the observation uses the cube namber line model in mathematic learning can increase students learning activity. Based on the statements, the use of the media can increase the students learning activity generally. In conclusion, the cube number line model can be used in mathematic learning process to increase learning activity.
Key Words : Students activity, Media, Mathematics
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i7.2696
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats