PELAKSANAAN SUVERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI SD NEGERI 41 KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG

Suwono Suwono, Wahyudi Wahyudi, Usman Radiana

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi klinis yang dilaksanakan oleh pengawas sekolah di SD Negeri 41 Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya. Penelitian ini bersifat kualitatif  dengan pendekatan fenomenalogi. Pengumpulan data diperoleh dengan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi.  Uji validitas data dilakukan dengan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan ; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisa data hasil penelitian disimpulkan bahwa ; proses penyusunan program supervisi klinis sudah menempuh kaidah penyusunan program dengan benar. Pembinaan pengawas sekolah melalui kegiatan supervisi klinis turut meningkatkan profesionalitas guru. Guru memiliki persepsi yang baik terhadap kegiatan supervisi klinis yang dilakukan oleh pengawas. Pelaksanaan pertemuan awal yang dilaksanakan pengawas sekolah bersama guru berlangsung dalam suasana yang akrab. Dalam melaksanakan observasi pembelajaran pengawas telah menunjukkan sikap yang wajar. Pertemuan balikan dalam rangka supervisi klinis telah berhasil menumbuhkan rasa percaya diri guru.

     Kata Kunci : Supervisi Klinis, pengawas sekolah, profesionalitas.

Abstract: This research aims to know the execution of clinical supervision by school supervisor in SD Negeri 41Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya. This research was qualitative in nature with fenomenalogi approach. The collection of  data obtained by in-depth interviews. Observation and study of documentation. Test the validity of the data is done with the triangular source, triangular techniques and triangular time. Data analysis techniques used the  reduction of  the data, the presentation of the data and taking conclusion. Based on the result of data analysis, it was concluded that, the process of preparing clinical supervision program had passed the rule of drafting program correctly. Supervision by the school supervisor increased the teachers professionality.  Teachers have a good perception towards clinical supervision activities carried out by the supervisor. Initial meetings were held by the school supervisor and the teachers was in a friendly situation. In carrying out the learning observation, the supervisor had shown a reasonable attitude. The inverse of clinical supervision meeting created the teachers confidence.

Key Word  : Clinical Supervision, School Supervisor, Profesionality


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723