PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
Abstract
Abstrak: Peningkatan kemampuan menulis surat resmi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan pendekatan CTL pada siswa kelas VI A SDN 23 Mempawah Hilir. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis surat resmi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan pendekatan CTL pada siswa kelas VI A Sekolah Dasar Negeri 23 Mempawah Hilir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah Studi Hubungan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan belajar siswa dengan Pendekatan CTL pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI SDN 23 Mempawah Hilir yaitu : Rata-rata kemampuan penulisan sebelum siklus I sebesar 48,34% menjadi 80% dengan kategori tinggi setelah pelaksanaan siklus III sehingga terjadi peningkatan (naik 31,66%), Rata-rata kemampuan menuangkan ide sebelum siklus I sebesar 48,34% menjadi 81,66% dengan kategori sangat tinggi setelah pelaksanaan siklus III sehingga terjadi penigkatan (naik 33,32%), Rata-rata kemampuan penulisan sebelum siklus I sebesar 58,33% menjadi 80% dengan kategori tinggi setelah pelaksanaan siklus III sehingga terjadi penigkatan (naik 21,67%).
Kata Kunci : Kemampuan, menulis Surat Resmi, CTL,
Abstract: Abstract: Improved ability to write an official letter in learning Indonesian using CTL approach in the sixth grade students of SDN 23 Mempawah A Downstream. This research was conducted with the aim to improve the ability to write an official letter in learning Indonesian using CTL approach in class VI A Public Elementary School 23 Mempawah Downstream. The method used is descriptive method of research is the study of relationships form. The results showed an increase in students' learning ability with CTL approach in learning Indonesian in class VI SDN 23 Mempawah Downstream namely: average writing skills before the first cycle of 48.34% to 80% with the higher category after the implementation of the third cycle resulting in increased (up 31.66%), average ability to put the idea before the first cycle of 48.34% to 81.66% with very high category after the implementation of the third cycle that occurs penigkatan (up 33.32%), average ability writing before the first cycle of 58.33% to 80% with the higher category after the implementation of the third cycle that occurs penigkatan (up 21.67%).
Key words: ability, Official Letter writing, CTL,
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i7.2555
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats