PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Abstract
Abstrak: Aktivitas belajar adalah segala kegiatan yang dilakukan siswa maupun guru dalam rangka mendukung proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Maka aktivitas belajar merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran akan menyebabkan interaksi yang tinggi antara guru dengan siswa ataupun siswa dengan siswa itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN 01 Air Upas Ketapang dengan menggunakan metode eksperimen. Metode penelitan yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian guru dan siswa SDN 01 Air Upas. Langkah-langkah penelitian dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian secara umum dapat disimpulkan bahwa penggunaan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Adapun Secara khusus simpulan penelitian ini, yaitu sebagai berikut. (1) Penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran materi pesawat sederhana dapat meningkatkan aktivitas fisik siswa. Terdapat peningkatan rata-rata sebesar 15,38%. (2) Penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran materi pesawat sederhana dapat meningkatkan aktivitas mental siswa. Terdapat peningkatan rata-rata sebesar 34,61%. (3) Penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran materi Pesawat Sederhana dapat meningkatkan aktivitas emosional siswa. Terdapat peningkatan rata-rata sebesar 14,24%. (4) Penggunaaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA pada materi pesawat sederhana dapat meningkatkan kemampuan guru. Terdapat peningkatan rata-rata sebesar 26,93%.
Kata Kunci : aktivitas belajar, metode eksperimen, pembelajaran ilmu pengetahuan alam
Abstrac: The purpose of this study to determine the increase in student activity in science teaching fifth grade at SDN 01 Air Upas Ketapang using the experiment methode. Research methods used in this research is descriptive research in the form of classroom action research. Study subjects teachers and students of SDN 01 Air Upas. Research measures implemented in four stages: planning, action, observation, and reflection. Research results in general it can be concluded that the use can improve students' learning activities. Specifically The conclusion of this study, is as follows. (1) The use of experimental methods in learning a simple aircraft materials can increase students' physical activity. There is an average increase of 15.38%. (2) The use of experimental methods in learning a simple aircraft materials can improve students' mental activity. There is an average increase of 34.61%. (3) The use of experimental methods in learning the material planes Simple can improve students' emotional activity. There is an average increase of 14.24%. (4) The applicability of the experimental method in science teaching on simple aircraft materials can improve the ability of teachers. There is an average increase of 26.93%.
Keywords: learning activities, methods of experimentation, learning science
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i7.2524
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats