PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENERAPKAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Abstrak : Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik dengan Menerapkan Metode Bermain peran dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 32 Sungai Ambawang. Tujuan umum penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN 32 Sungai Ambawang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik yang berjumlah 10 orang terdiri dari 4 orang putri dan 6 orang putra. Setting penelitian dilakukan di SD Negeri 32 Sungai Ambawang. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah APKG I untuk mengamati rancangan pembelajaran, APKG 2 untuk mengamati implementasi pembelajaran, dan lembar observasi untuk mengamati aktivitas peserta didik.
Kata kunci : Belajar, metode bermain peran, bahasa Indonesia
Abstract : Improvement of Students with Learning Activities Applying Method Acting in Classroom Learning Indonesian in SDN 32 Ambawang River. The general objective of this study was to determine the improvement of student learning activities in the classroom learning Indonesian in SDN 32 Ambawang River. The method used is descriptive method to form action research. The subjects were teachers and learners of 10 people consisting of 4 daughters and 6 sons. Setting the research conducted in 32 primary school Ambawang River. The tools used in this study is the first to observe APKG lesson plan, APKG 2 to observe the implementation of learning, and the observation sheet to observe the activity of learners.
Key words: Learning, role play method, Indonesian language
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i7.2512
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats