PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MURID DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE BERMAIN PERAN
Abstract
Abstrak: Peningkatan Motivasi Belajar Murid dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Metode Bermain Peran di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Toho. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar murid. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian ini, tingkat motivasi murid dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan menggunakan metode bermain peran di kelas V SDN 02 Toho pada siklus I dikategorikan belum tuntas, karena persentasenya hanya mencapai 57,92%, sedangkan pada siklus II dikategorikan tuntas dengan hasil persentase mencapai 92,31%, karena setelah dilakukannya kegiatan tersebut murid bersemangat dalam mengikuti materi pelajaran yang disampaikan oleh guru, dan murid dapat berkomunikasi satu sama lain dengan baik sehingga tercipta suasana yang akrab antara guru dan murid, serta antara murid yang satu dengan yang lainnya. Guru hendaknya lebih kreatif lagi dalam mencari berbagai sumber pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang dapat meningkatkan motivasi belajar murid kelas V SDN 02 Toho.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, Metode Bermain Peran.
Abstract: Increasing Student Motivation in Learning Through Civic Education Role Playing Method in class V Elementary School District 02 Toho. The purpose of this study to improve student learning motivation. The method used in this study was Classroom Action Research (CAR). Based on these results, the level of student motivation in participating in Citizenship Education learning role playing method in SDN 02 Toho class V in the first cycle are categorized yet complete, because the percentage is only reached 57.92%, while in the second cycle due categorized by the percentage reaches 92 , 31%, because after conducting this activity students eager to follow the subject matter presented by the teacher, and the student can communicate well with each other so as to create an intimate atmosphere between teachers and students, and between students with each other. Teachers should be more creative in finding various sources of Citizenship Education learning can increase student motivation to learn classroom SDN 02 Toho.
Key word: Motivation, Citizenship Education, Role Playing MethodDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i7.2501
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats