PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TUNADAKSA MENGGUNAKAN MEDIA TORSO
Abstract
Abstrak: Anak tunadaksa adalah anak yang mengalami kelainan atau kecacatan pada sistem otot, tulang dan persendian yang mungkin disebabkan oleh adanya penyakit atau kecelakaan dan juga karena congenital dan atau kerusakan otak yang dapat mengakibatkan gangguan gerak, kecerdasan, komunikasi, persepsi dan adaptasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang peningkatan hasil belajar siswa tunadaksa di kelas IV Sekolah Luar Biasa Negeri Delta Pawan pada materi Rangka Manusia dengan menggunakan media torso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan di sini adalah penelitian tindakan kelas, atau disebut Classroom Action Research. Hasil Penelitian, yaitu (1) Penggunaan media torso dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran yaitu pada siklus I rata-rata sebesar 2,8 dan persentase sebesar 70%. Meningkat pada siklus II rata-rata sebesar 3,8 dan persentase 95%. (2) Penggunaan media torso dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu siklus I jumlah nilai siswa secara keseluruhan sebesar 200 dan rata-rata nilai sebesar 66,67 meningkat pada siklus II sebesar 240 dan nilai rata-rata sebesar 80.
Kata Kunci : hasil belajar, siswa tunadaksa, media torso
Abstract: Children with physical disabilities are children who have abnormalities or defects in the system of muscles, bones and joints that may be caused by illness or accident as well as congenital and or brain damage which can lead to movement disorders, intelligence, communication, perception and adaptation. The purpose of this study to describe about improving student learning outcomes in class IV quadriplegic Extraordinary School Delta Pawan on material frame by using the media torso. The method used in this research is descriptive method. Forms of research used here is action research, or so-called Classroom Action Research. Research results, namely (1) use of the torso media can enhance the ability of teachers to implement the learning in the first cycle by an average of 2.8 and a percentage of 70%. Increased in the second cycle an average of 3.8 and a percentage of 95%. (2) The use of media torso in learning can improve student learning outcomes, the first cycle of students as a whole number value of 200 and an average score of 66.67 increased in the second cycle of 240 and an average score of 80.
Keywords: learning outcomes, student quadriplegic, media torso
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i7.2436
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats