PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MEDIA GAMBAR
Abstract
Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan media gambar pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ulil Albab Ketapang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini bersifat kolaboratif, karena merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Hasil penilaian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siklus I yaitu 64,6, siklus II yaitu 71 dan siklus III yaitu 74. Hal ini bearti pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan media gambar pada materi koperasi dan kesejahteraan rakyat dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas IV MIS Ulil Albab Ketapang.
Kata kunci : pembelajaran, IPS, media gambar
Abstract: this study aims to improve the learning outcomes of students in Social Science Learning with media images on Madrasah Ibtidaiyah grade IV Private Ulil Albab Ketapang. The methods used in this research is descriptive method. This research is collaborative, as it is a research action class (classroom action research). The results show that an increase in the average results of the learn cycle I of 64.6, cycle II: 71 and cycle III: 74. This learning bearti Social Science with the use of media images on material cooperation and people's welfare can improve student learning outcomes IV Ulil Albab MIS school classrooms; Ketapang.
Keywords: learning, IPS, media images
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i7.2424
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats