PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI KELAS V SDN 09 PONTIANAK TENGGARA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah penggunaan metode outdoor learning dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 09 Pontianak Tenggara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Bentuk penelitian eksperimen yang digunakan adalah quasi exsperimental design dengan jenis time-series design. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik pengukuran. Alat pengumpul data yang digunakan adalah unjuk kerja. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari hasil pretest diperoleh rata- rata nilai 63,7. Sedangkan nilai rata-rata hasil post test adalah 73,17. Hal ini menunjukan terdapat perbedaan hasil keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan metode outdoor learning dengan hasil keterampilan menulis karangan deskripsi setelah menggunakan metode outdoor learning. Dari hasil analisis uji-t diperoleh t hitung sebesar 6,358 dan ttabel = 2,756. Ini berarti 6,358>2,756, maka thitung > ttabel, dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode outdoor learning terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi pada Pembelajaran bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 09 Pontianak Tenggara.
Kata Kunci: Metode Outdoor Learning, Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi
Abstract: This study aimed to analyze whether the use of outdoor learning method can improve writing skills essay description fifth grade students of SDN 09 Pontianak Tenggara. The method used in this research is the experimental method. Form of experimental research design used was quasi exsperimental with the type of time-series design. Data collection technique used is the technique of measurement. Data collection tool used is performance. Based on the analysis of data obtained from the pretest results obtained by the average value of 63.7. While the average value of the results of post test is 73.17. This shows there are differences in the description of the results of essay writing skills using the outdoor learning method with the results of essay writing skills after using the description of methods of outdoor learning. From the analysis of the t-test obtained t calculate equal to 6.358 and ttable = 2.756. This means that 6.358 > 2.756, thitung > ttable, it can be said Ho rejected and Ha accepted. So it is concluded that there are significant use of outdoor learning methods to the description on the Essay Writing Skills Learning Indonesian Student Class V SDN 09 Pontianak Tenggara. Keywords: Outdoor Learning Methods , Essay Writing Skills Description
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i2.24115
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats