ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII di SMP Negeri 12 Pontianak dalam menyelesaikan soal cerita yang terkait dengan perbandingan berdasarkan analisis Newman. Data dikumpulkan melalui wawancara dan tes diagnostik soal cerita. Soal cerita yang digunakan merupakan soal uraian materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Analisis data yang digunakan mengacu pada analisis Newman yang terdiri dari 5 tahapan yaitu membaca, memahami, mentranformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Dari hasil penelitian, kesalahan tahap membaca sebanyak 22,16 % siswa, kesalahan tahap pemahaman sebanyak 42,7 % siswa, kesalahan tahap transformasi sebanyak 64,32 % siswa, kesalahan tahap keterampilan proses sebanyak 75,13 % siswa dan kesalahan tahap penuisan jawaban akhir sebanyak 72,43% siswa. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi bahan acuan dalam penelitian lanjutan.
Kata Kunci : Analisis Kesalahan, prosedur Newman, Perbandingan
Absctract : The aims of this study is to determine the forms of mistakes who made by grade VII students in SMP N 12 Pontianak to solve the story related comparison based on Newman’s analysis. The data has collected by interviews and diagnostik test. The story used is a matter of comparative matter of worth and turns value. The data analysis used refers to Newman’s analysis consisting of 5 stages of reading, comprehension, transformation, process skill, and encoding. 22.16% students reading errors, 42.7% students comprehension stage error, 64.32% students transformation stage error, 75.13% of Process skill stage error, and 72.43% students encoding stage error. The researcher hope this research become a references in the next research.
Keywords :Error analysis, Newman procedure, Comparison
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v7i1.23626
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .