PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KOPERASI SEKOLAH DENGAN METODE BERMAIN PERAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 14 MEMPAWAH HILIR
Abstract
Abstrak: Penelitian ini terbatas pada usaha mengungkapkan suatu masalah atau keadaan sebagaimana adanya sehingga objektif untuk mengungkapkan fakta. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tindakan penelitian yang dilakukan secara siklus dalam rangka memecahkan masalah hingga dapat menyelesaikan masalah tersebut sifat penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dan kolaborasi.
Subjek penelitian guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Mempawah Hilir. Siswa berjumlah 19 orang siswa dan guru sebagai peneliti yang melaksanakan penelitian tindakan kelas.
Dalam kegiatan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran IPS dengan materi koperasi sekolah waktu yang digunakan 2x35 menit. Pada siklus I dilakukan 2 x pertemuan dengan pelaksanaan refleksi. Pada siklus I perencanaan yang dilakukan guru membagi siswa 5 orang perkelompok. Dan setiap kelompok diberi waktu melakonkan perannya. Kelompok lain diberikan waktu untuk menilai permainan temannya dan guru memberikan penilaian hasil permainan siswa.dalam pelaksanakan pembelajaran diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas IV terjadi peningkatan pada pembelajaran siklus II.
Secara umum tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui terjadinya peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (koperasi sekolah) dengan menggunakan metode bermain peran di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Mempawah Hilir. Berdasarkan pengamatan sebelumnya siswa kelas IV SDN 14 Mempawah Hilir mengalami kesulitan menerima pelajaran koperasi sekolah hasilnya dinilai masih rendah dibawah 65.
Kata kunci: penelitian tindakan kelas, hasil belajar, ilmu pengetahuan sosial.
Abstract: The study was limited to the business of revealing an issue or circumstance as it is so that the objective to reveal the facts. Form of research used in this research is the research action class. Action research conducted in cycle in order to solve the problem until may solve the problem of research conducted qualitative research and collaboration is. The subject teacher and grade IV elementary school of 14 Negeri Mempawah Hilir. Students amounted to 19 students and teachers as researchers who carry out research action class. Activities in the planning and implementation of the IPS material with cooperative learning school time spent 2x35 minutes. On cycle I do 2 x the meeting with implementation of reflection. On the planning cycle I do teachers divide students 4 people groups. And each group given time casts her role. The other group was given time to rate the game his friend and teacher gives student games results assessment. in procces is known that learning learning grade IV results an increase in the learning cycle II.
In general purpose this research is to find an occurrence of improvement the learning ability of students in the social sciences (cooperative school) by using a method of playing a role in the class IV elementary school of 14 Negeri Mempawah Hilir. Based on previous observations of grade IV SDN 14 Lower Course have difficulty receiving lessons cooperative school results are assessed lower below 65.
Key words: Research Action class, results an increase, social science.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i6.2354
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats