PERBEDAAN PENGARUH PEMBERIAN APERSEPSI TERHADAP KESIAPAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII A
Abstract
Abstract: This study was aimed to determine the differences in the effect of giving apperception on students readiness in social subject of class VII A MTs Darul Ulum students Kubu Raya, West Kalimantan. The method of research of this study was a quasi experimental research design with The Static Group Comparison. The population of this study were 32 students, in which 16 students were in the comparison group and 16 students were in the experimental group. The results of data analysis showed that there were differences in the effect of giving apperception on students readiness, with an average post test score in the comparison group was 64.06, while the average value of the post test experimental group was 78.44. Thus it can be concluded that giving apperception in teaching and learning process has a positive effect on students' learning readiness and scores.
Keywords: Giving Apperception, Learning Readiness.
Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh pemberian apersepsi terhadap kesiapan belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII A MTs Darul Ulum Sungai Raya Kab. Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison. Jumlah populasi penelitian sebanyak 32 siswa, dengan 16 siswa pada kelompok pembanding dan 16 siswa pada kelompok eksperimen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh pemberian apersepsi terhadap kesiapan belajar siswa, dengan rata-rata nilai post test pada kelompok pembanding sebesar 64,06, sedangkan rata-rata nilai post test kelompok eksperimen sebesar 78,44. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemberian apersepsi dalam proses belajar mengajar berpengaruh positif terhadap kesiapan belajar dan nilai siswa.
Kata Kunci: Pemberian Apersepsi, Kesiapan Belajar.
P
roses belajar mengajar adalah kegiatan utama dalam dunia pendidikan di sekolah. Penentuan keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah banyak melibatkan beberapa faktor atau komponen yang mendukung. Keberhasilan tersebut dapat diukur melalui kegiatan evaluasi belajar yang merupakan salah satu faktor penentu prestasi belajar siswa. Belajar juga merupakan suatu proses penting bagi perubahan tingkah laku manusia mencakup segala sesuatu yang dipikirkan dan dikerjakan sehingga terbentuk pengalaman dan peningkatan kemampuan (kompetensi) serta kematangan pribadi.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i6.2348
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats