MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V
Abstract
Abstrak: Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Menggunakan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 20 Nanga Tayap Ketapang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dengan menggunakan metode eksperimen. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan aktivitas fisik siswa pada siklus I rata-ratanya sebesar 80% pada siklus II meningkat sebesar 10,76% menjadi 90,76%, kemudian pada siklus III meningkat sebesar 6,16% menjadi 96,92%.Pada aktivitas mental siklus I rata-ratanya sebesar 58,92% pada siklus II meningkat sebesar 15,43% menjadi 74,35%, kemudian pada siklus III meningkat sebesar 10,26% menjadi 84,61%. Pada aktivitas emosional siklus I rata-ratanya sebesar 75,38% pada siklus II meningkat sebesar 4,62% menjadi 80%, kemudian pada siklus III meningkat sebesar 16,92% menjadi 96,92%.
Kata Kunci: Aktivitas Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam, Metode Eksperimen
Abstract: Improving Learning Activity Using Methods of Natural Science Experiment In Fifth Grade Elementary School Students Affairs 20 Nanga Tayap Ketapang. This study aimed to describe the increase in activity of students using the experimental method. The method used is descriptive method of research is a form of classroom action research. Based on the results of the study are increased physical activity of students in the first cycle average of 80% in the second cycle increased by 10.76% to 90.76%, then the third cycle increased by 6.16% to 96.92%. At activity mental first cycle average is 58.92% in the second cycle increased by 15.43% to 74.35%, then the third cycle increased by 10.26% to 84.61%. In the first cycle of emotional activity average is 75.38% in the second cycle increased by 4.62% to 80%, then the third cycle increased by 16.92% to 96.92%.
Keywords: Learning Activities, Natural Sciences, Experimental Methods
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i6.2338
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats