IMPLEMENTASI NILAI DAN NORMA OLEH GURU SOSIOLOGI MELALUI INTERAKSI EDUKATIF DI MAN 1 PONTIANAK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai dan norma oleh guru sosiologi melalui interaksi edukatif di MAN 1 Pontianak. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan informan sebanyak 7 orang yang terdiri dari 2 orang guru Sosiologi, dan 5 orang siswa Jurusan IPS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keenam komponen yang mencakup Tujuan, Bahan, Metode, Alat, Sumber dan evaluasi pembelajaran dalam interaksi edukatif diaplikasikan kedalam berbagai bentuk. Pada komponen Tujuan dilakukan dengan merumuskan dan menyampaikan Tujuan Pembelajaran sebelum menyampaikan materi pelajaran. Pada komponen bahan pelajaran dilakukan dengan menyampaikan bahan pelajaran pokok. Pada komponen metode dilakukan dengan menggunakan metode yang bervariasi. Pada komponen Alat pembelajaran dilakukan dengan penggunaan buku, LKS, LCD ketika menyampaikan Materi. Pada komponen sumber guru mengambil sumber dari silabus maupun internet dan Buku. Pada komponen evaluasi dilakukan dengan melakukan tes lisan, tulisan dan perbuatan.
Kata Kunci : Implementasi Nilai dan Norma, Interaksi Edukatif.
Abstract : This research aims to know the implementation of the values and norms by teachers through the interaction of educational sociology in MAN 1 Pontianak. The approach used was qualitative descriptive method approach. This research used the informant as many as 7 people which consisted of 2 teachers of sociology, and 5 students Social Science Department. The results of this research show that the sixth component that includes objectives, materials, methods, tools, resources and evaluation of learning in educational interaction was applied into various forms. On the purpose of the components is done by formulating and delivering learning objectives prior to convey the subject matter. On the learning materials of the components is done by passing a staple lesson material. On the component method is done using the methods vary. On the components of the learning tool is done with the use of books, student worksheets, the LCD when delivering the material. On the component source teachers take resources from the syllabus or the internet and books. On the components of the evaluation done by the oral test, the writings and deeds.
Keywords: Implementation of the norms and values, Educational Interaction.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i10.22636
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats