PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MURID KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 02 SUNGAI PINYUH
Abstract
Abstrak: Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif pada Murid Kelas III Sekolah Dasar Negeri 02 Sungai Pinyuh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar murid dalam bidang studi matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, model pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan pembelajaran kooperatif melalui Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Dari hasil penelitian diperoleh gambaran, pada siklus I pertemuan 1, rata amat baik atau sangat aktif mencapai persentase 15,67 % , baik 22,22 %, cukup 30,04 % dan kurang 32,07 %, pada siklus I pertemuan 2, rata amat baik atau sangat aktif mencapai persentase 18,37 % , baik 23,22 %, cukup 30,27 % dan kurang 21,23 %, pada siklus II pertemuan 1, rata amat baik atau sangat aktif mencapai persentase 26,67 % , baik 32,22 %, cukup 21,04 % dan kurang 20,07 %, pada siklus II pertemuan 2, rata amat baik atau sangat aktif mencapai persentase 31,48 %, baik 33,52 %, cukup 22,78 % dan kurang 13,22 %. Dengan demikian, aktivitas dan hasil belajar murid pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif pada murid kelas III Sekolah Dasar Negeri 02 Sungai Pinyuh dinyatakan meningkat.
Kata Kunci: peningkatan, aktivitas belajar, model pembelajaran kooperatif.
Abstract, To reach the study activity of mathematics use cooperative learning model at class III Elementary School of SDN 02 Sungai Pinyuh. The direction of the research do in 2 siklus. Learning model in the research use cooperative learning by the paper of student (LKS). From the research can we get the result from siklus one in the first meeting, the result is good and very active get 15,67 %, good 22,22 %, sufficient 30,04 % and less 32,07 % in siklus one. The second meeting, the result is good and very active get 18,37 %, good 23,22 %, sufficient 30,27 % and less 21,23 %, at siklus II, the first meeting, the result is 26,67 %, good 32,22 %, sufficient 21,04 % and less 20,07 %. At siklus II, second meeting the result is very good or very active get the 31,48 %, good 33,52 %, sufficient 22,78 % and less 13,22 %. The mathematics subject by cooperative learning model for student of class III Elementary School of SDN 02 sungai Pinyuh, the result in increase.
Key Word: Increase, study activity, cooperative learning model.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i6.2228
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats