PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP SIKAP BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengelolaan kelas mempengaruhi sikap belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data diambil dengan teknik observasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung berupa angket dan teknik studi dokumenter. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas terhadap sikap belajar siswa ditunjukkan dengan formulasi Y = 23,147 + 0,337 X. Kontribusi R2 = 0,218 menyatakan bahwa pengelolaan kelas dalam meningkatkan sikap belajar siswa sebesar 21,8% sedangkan sisanya sebesar 78,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Terdapat pengaruh signifikan pengelolaan kelas terhadap sikap belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Panca Bhakti Pontianak tahun pelajaran 2015/2016. dengan nilai koefisen korelasi sebesar 0,467. Berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan, angka ini termasuk kategori sedang.
Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Sikap Belajar.
Abstrack: The purpose of this study was to determine whether classroom management affect student learning attitude. The method used is descriptive method. Data taken with direct observation techniques indirect form of questionnaires and engineering studies documentary. Data were analyzed using simple linear regression. The results showed that the management of the classroom to student learning attitude shown by the formulation Y = 23,147 + 0,337 X. Contribution R2 = 0,218 stating that the management of the classroom to improve student learning attitude by 21,8% while the remaining 78,2% is influenced by other variables. There is a significant influence on the attitudes of classroom management students of class XI PS on economic subjects in the SMA Panca Bhakti Pontianak 2015/2016 school year with a correlation coefficient of 0,467. Based on the conditions set this figure medium category.
Keywords: Classroom Management, Learning Attitude
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i9.21498
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats