HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKn PADA SISWA SDN KELAS V
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan kejelasan mengenai hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar mata pelajaran PKn pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 23 Kecamatan Pontianak Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan alat yang dipergunakan yaitu angket inventori atau skala sikap. Adapun hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa dimana r hitung sebesar 0,104 lebih kecil dibandingkan r tabel sebesar 0,297. Sedangkan hasil belajar siswa setelah dilakukan penelitian tergolong baik dengan rata-rata 73,34.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Siswa, dan Mata Pelajaran PKn.
Abstract: This research aims to find an information and clarity about relationshp of emotional question and learning result of students in PKn subject of Class V Students Public Elementary School 23 Pontianak Barat Districts. The research methode that used is description with tool of research is inventory questionnaire or attitude scale. The result of this research showed there is a relationship between emotional question and learning result where r count equal 0,104 less than r table equal 0,297, while students learning result after this research was great with the average score is 73,34.
Keyword: Emotional Question, Students Learning Result, and PKn Subject.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i8.21125
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats