PENGARUH PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 KEMBAYAN
Abstract
Abstrak: Pendidikan merupakan salah satu elemen paling penting dalam membangun sumber daya manusia yang berkwalitas. Pendidikan nasional kita dihadapkan kepada masalah antara lain peningkatan kwalitas, pemerataan, keterbatasan anggaran yang tersedia dan belum terpenuhi sumber daya dari masyrakat, dan orang tua. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pembiayaan pendidikan; (2) kinerja guru; (3) prestasi belajar siswa; (4) pengaruh pembiayaan pendidikan terhadap prestasi belajar siswa (5) pengaruh kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa; dan(6) pengaruh pembiayaan pendidikan dan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Kembayan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif, sampel penelitian ini adalah siswa pada SMA Negeri 1 Kembayan dikecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau yang berjumlah 139 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) pembiayaan pendidikan, kinerja guru ekonomi, dan prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Kembayan Kabupaten Sanggau tergolong sedang ; (2) hasil uji secara parsial (ujiStatistik t), nilai signifikansi alpha = 0,0009<0,05, menunjukan bahwa variable pembiayaan pendidikan berpengaruh posotif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, hipotesis pertama () diterima; (3) Hasil uji secara parsial (ujistatistik t), nilai signifikansi alpha = 0,014<0,05, menujukan bahwa variable kinerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, hipotesis kedua () diterima; dan (4) hasil uji secara simultan (uji Stastistik F), diperoleh nilai Sig. F sebesar 0,002 yang lebih kecil dari 0,05, dengan nilai (6,555) > (3,920) mengidentifikasikan bahwa ditolak dan diterima, artinya variable pembiayaan pendidikan dan kinerja guru secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa
Kata kunci : Prestasi belajar siswa, pembiayaan pendidikan , kinerja guru.
Abstract: Education is one the most important elements in building qualified human resoursces. Our national education faced with the problem include improving the quality, equity, badget constraints and unmet available resources from the public, and parents. The purpose of this study is to determine: (1) the education costing; (20 the performance of teachers;(3) student achievement; (4) the effect the education costing on student achievement; (5)the effct of teacher performance on student achievement; and (6) the effect of education costing and teacher performance on student achievement that occurs in Public High Scools 1 Kembayan. This research uses descriptive analysis method with quantitative approach, tahe sample were students at public High Schools 1 Kembayan Sanggau regency totaling 139 students. The results showed that: (1) the education costing,economics teacher performance, and student achievement in Public High Schools 1 Kembayan Sanggau regency classified as mediun; (2) the results of the partialtest (tes Statistic t), the value of the significance of alpha = 0,009 <0,05,indicating that the education costing variable positive and significant impact student achievement, the firs hypothesis () received; (3) the results of the partial tes (test Statistic t), the value of the significance of alpha = 0,014 <0,05,indicating that teacher performance variable positive and significant impact on student achievement, the second hypothesis () received; and (4) the results of the simultaneous test (test statistics F), the value of Sig. F of 0,002 is less than 0,05, with a value of 6.555 while value obtained is equal to 3.920. thus F Arithmatic (6.555) > (3.920) indicates that rejected and accepted, meaning that the education costing and performance of teachers together positive and significant impact on student achievement.
Keywords: Student achievement, Education costing, Teacher performance.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i6.20571
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats